Kamis, 03 Juli 2014

Kajian Siang Hari ini Oleh : Ustadz Abdul Hamid

 
 Kajian Siang hari ini Oleh :Da'i Ustadz Abdul Hamid (Ustadz Pledek) - Karawang
Sabar dapat tergolong menjadi 3 golongan.
1.Sabar dalam melaksanakan ketaatan.
Sebagai orang muslim tidak terlepas dari perintah - perintah Allah baik yang wajib, maupun yang sunah,dalam melaksanakan perintah - perintah tersebut kita di anjurkan untuk melaksanakan dengan penuh kesabaran. Contohnya dalam mengerjakan sholat 5 waktu, tanpa diiringi dengan sabar, maka yang terjadi adalah kemalasan dan enggan untuk melaksanakan sholat karena rutinitas dan kewajiban.

2.Sabar menghadapi maksiat.
Sabar dalam menjauhi yang dilarang oleh Allah SWT, jelas sekali bahwa pada dasarnya kita seringkali mengalami 2 pilihan antara yang baik dan dilarang oleh Allah SWT, hati sangat berperan sekali dalam menentukan, kita jatuh ke maksiat atau bisa menepis segala yang dilarang dan dikecam Allah untuk itulah di butuhkan kesabaran.Setan yang setiap detik selalu menyasarkan dan membujuk kejalan yang dilarang,kalau tidak waspada kita akan jatuh penyesalan yang akan kita dapati.

3.Sabar dalam menghadapi musibah
Sabar dalam menghadapi kesulitan atau musibah itu terbagi menjadi 2 bagian :
-Musibah yang datangnya dari Allah seperti penyakit, kehilangan, kematian dan lain - lain.
Allah SWT berfirman yang artinya : "Sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa dan buah - buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang - orang yang sabar (yaitu) orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raajiun"(QS.Al Baqoroh 155).

-Msibah yg dtng dari manusia.
Sabar dalam menghdapi musibah yang dtng dari manusia seperti pertentangan, permusuhan,penghinaan,persengketan.Apabila mendapat musibah seperti ini maka kita harus sabar tidak mempunyai rasa kebencian, dendam pada orang yang menggngu jstru bersha untuk memaafkan.
Sebagaimna Allah SWT berfirman yang artinya : " Dan orang yang sabar dan mau memaafkan sesungghnya perbuatan yang dmkian itu termasuk hal-hal yg di utamakan.
#Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar